Rabu, 19 September 2018

INTERPRETASI TEKS ESKPOSISI


MENGINTERPRETASI MAKNA DALAM TEKS EKSPOSISI
Teks eksposisi adalah jenis teks yang digunakan untuk menyampaikan pendapat tentang suatu permasalahan dengan menyajikan argumen/pendukung berupa bukti, contoh, atau alasan yang logis. Eksposisi biasa digunakan seseorang untuk menyajikan gagasan. Gagasan tersebut dikaji oleh penulis atau pembicara berdasarkan sudut pandang tertentu.
Penulis atau pembicara harus menyertakan alasan-alasan logis untuk menguatkan gagasan yang disampaikan, Dengan kata lain, ia bertanggung jawab untuk membuktikan, mengevaluasi, atau mengklarifikasi permasalahan tersebut. Bentuk teks ini biasa digunakan dalam kegiatan ceramah, perkuliahan, pidato, editorial, opini, dan sejenisnya. 
Tujuan teks eksposisi: menjelaskan informasi tertentu agar bisa menambah ilmu pengetahuan pembaca, sehingga dengan membaca teks ini maka pembaca akan mendapatkan pengetahuan secara rinci dari suatu hal atau kejadian.

Manfaat teks eskposisi:
-          Mengetahui informasi
-          Memperluas wawasan dan menambah pengetahuan
-          Dapat memilah-milah informasi yang akurat

Struktur Teks Eksposisi
·         Tesis yaitu pengenalan isu, masalah ataupun pandangan penulis secara umum tentang topik yang akan dibahas. Terdapat pada paragraf pertama kalimat pertama.
Contoh:
Jika Pemerintah tidak cepat bertindak dalam sepuluh tahun mendatang, hutan Sumatra akan musnah. Hilangnya hutan Sumatra akan diikuti oleh musnahnya hutan Kalimantan.
(Judul Teks: Nasib Hutan Kita Semakin Suram)

·     Argumen: bagian yang memuat alasan yang bisa memperkuat argumen penulis dalam memperkuat ataupun menolak suatu gagasan yang disertai dengan bukti, contoh, atau alasan yang logis. Terdapat pada paragraph kedua dan ketiga.

Contoh:
Di Pulau Sumatera berdasarkan titik kebakaran terjadi di hutan rawa gambut sebanyak 49%, alang-alang 13%, hutan dataran rendah 10%, permukiman/pertanian masyarakat 10%, perkebunan 8%, dan sisanya rawa (non gambut). Kebakaran hutan memberikan kerugian tidak sedikit. Tahun 1997 diperkirakan kerugiannya sebesar $3-$4,4 miliar atau sekira Rp 2-4 triliun.

·        Rekomendasi: perumusan kembali secara ringkas. Biasanya bagian ini disebut dengan penutup atau simpulan. Terdapat pada paragraf terakhir, yang mengulang tesis tetapi tidak secara langsung.
Contoh: Pada kalimat Rupanya kedua masalah itu belum cukup. Kata “itu” menunjukkan masalah yang dibahas pada tesis.

Ciri-Ciri Teks Eksposisi
·         Gaya bahasa bersifat informatif
·         Berbasis pada fakta
·         Penyampaian teks jelas, lugas, baku
·         Tak memihak, yang berarti tak memaksakan kemauan penulis pada pembaca
·         Memberikan pengetahuan baru
·         Bersifat netral dan objektif

0 komentar: